Jumat, 11 November 2011

Contoh Program Pada Java

    
Sebelum kita membahas atau memberi contoh pada program Java ,kita terlebih dahulu tahu apakah Java itu? Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems saat ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis tahun 1995. Bahasa ini banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C dan C++ namun dengan sintaksis model objek yang lebih sederhana serta dukungan rutin-rutin aras bawah yang minimal. Aplikasi-aplikasi berbasis java umumnya dikompilasi ke dalam p-code (bytecode) dan dapat dijalankan pada berbagai Mesin Virtual Java (JVM). Java merupakan bahasa pemrograman yang bersifat umum/non-spesifik (general purpose), dan secara khusus didisain untuk memanfaatkan dependensi implementasi seminimal mungkin. Karena fungsionalitasnya yang memungkinkan aplikasi java mampu berjalan di beberapa platform sistem operasi yang berbeda, java dikenal pula dengan slogannya, "Tulis sekali, jalankan di mana pun". Saat ini java merupakan bahasa pemrograman yang paling populer digunakan, dan secara luas dimanfaatkan dalam pengembangan berbagai jenis perangkat lunak aplikasi ataupun aplikasi berbasis web.
       
Dan contoh Program Pada Java 

Listing yang saya buat seperti ini :


 
tujuan dari pembuatan program ini adalah bagaimana cara mengeluarkan output tentang luas persegi panjang dan keliling persegi panjang dan juga menggunakan method dan tidak memerlukan pemanggilan kelas yang banyak .
            Digambar pada listing terlihat kita definisikan terlebih dahulu variable –variabel apa saja yang kita butuhkan .Pertama terdapat package latihan  maksudnya adalah itu judul untuk yang saya berikan pada project dan memakai netbeans biasanya apabila kita memulai project terlebih dahulu menulis namanya lalu public class main { artinya kita membuat kelas baru dengan nama main.class ini menerapkan akses public agar dapat dipanggil oleh class lainnya.
            Public static void main,main merupakan nama method yang pertama kali oleh JVM .semua program java akan dijalankan dimulai dari method main .void mengandung arti bahwa method ini tiak mengembalikan nilai apapun.sedangkan static berarti method ini dapat dijalankan tanpa harus membuat objeknya dulu.lalu kita memasukan angka yang ingin kita inginkan untuk jadi outputnya.seperti luas yang ada pada listing program seperti panjang nya 6 dan lebarnya 7,lalu keliling panjang nya 8 dan lebarnya dimasukan 5.lalu kita membuat class pada luas.lalu masukan integer p,dan integer l,lalu masukan rumus luas persegi panjang adalah panjang kali lebar.lalu dicetak judul seperti luas persegi panjang ,dan cetak juga panjang,lebar,dan luas.lalu method pada keliling dimasukan rumus keliling 2*(p+l) lalu cetak kata keliling pada persegi panjang,panjang dari keliling pesegi panjang,lebar dari keliling persegi panjang dan juga  keliling dan kita lalu menekan shift + f6 untuk mengkompilasi atau running lalu output yang kita inginkan pun seperti apa yang kita inginkan.

Dan Output nya akan seperti ini :
Kesimpulan : kita dapat membuat program dengan java seperti contoh diatas karena java adalah bahasa pemrograman yang mudah dan kita bisa membuat java dengan menggunakan netbeans .

Refrensi : http://id.wikipedia.org/wiki/Java

Tidak ada komentar:

Posting Komentar