Tugas Kelompok Softskill Pengantar Teknologi Games oleh :
Arif Fattah Atmaja (51410073)
Chairunnisa (51410544)
Mahesa.M.Elba (54410177)
Initial
State pada game Disney Row Mickey vs Coin ini adalah menggunakan 36 kotak dan
ini adalah permainan Row 6x6 yang artinya digunakan 6 baris dan 6 kolom dan
pada game ini terdapat 4 icon yaitu 3 icon sebagai pemain yang pada tampilan
ini adalah gambar mickey dan 1 icon lagi yang menjadi lawannya sendiri yaitu
coin .dan pada papan kotak tersebut terdiri dari dua warna yang berwarna pink
dan biru.
Dan terdapat dua lingkaran yang lingkaran warna hitam
pada gambar diatas merupakan area pemain yaitu baris 1-3 dari atas dan pada
warna yang dilingkaran coklat adalah daerah lawan yaitu dari baris 1-3 dari
bawah.
-Pemain sebagai icon mickey akan jalan terlebih dahulu
dengan cara diagonal
-Mickey hanya bisa jalan maju secara diagonal ke arah
kanan atau kiri tetapi tidak bisa jalan
secara mundur
-Mickey bertugas untuk mengepung Coin agar tidak bisa
bergerak lagi
-Lawan sebagai Coin akan jalan setelah pemain (icon
mickey) jalan
-Coin bisa jalan secara diagonal ke arah kanan atau ke
kiri dan bisa jalan maju atau mundur
-Jika Coin tertahan pada daerah Coin itu sendiri yaitu
dibawah baris 3-1 maka Mickey akan menang dan mendapatkan Coin
-Jika Coin tertahan pada daerah Mickey yaitu baris
atas1-3 maka game akan seri (draw)
-Jika Coin berhasil lolos dari kepungan Mickey dan berada
dibelakang baris Mickey maka Coin menang dan Mickey akan kalah.
Algoritma yang diimplementasikan pada permainan ini adalah Algoritma
Minimax.Algoritma minimax merupakan
basis dari semua permainan berbasis AI seperti permainan “Disney Row Mickey vs
Coin”
ini. Pada algoritma
minimax, pengecekan akan seluruh kemungkinan yang ada sampai akhir permainan
dilakukan. Pengecekan tersebut akan menghasilkan pohon permainan yang berisi
semua kemungkinan tersebut. Tentunya dibutuhkan resource yang berskala besar
untuk menangani komputasi pencarian pohon solusi tersebut berhubung kombinasi
kemungkinan untuk sebuah permainan pada setiap geraknya.
Keuntungan yang didapat dengan menggunakan algoritma minimax yaitu
algoritma minimax mampu menganalisis segala kemungkinan posisi permainan untuk
menghasilkan keputusan yang terbaik karena algoritma minimax ini bekerja secara
rekursif karena memanggil dirinya sendiri dengan mencari langkah yang akan
membuat lawan mengalami kerugian minimum. Semua strategi lawan akan dihitung
dengan algoritma yang sama dan seterusnya. Ini berarti, pada langkah pertama
komputer akan menganalisis seluruh pohon permainan. Dan untuk setiap
langkahnya, komputer akan memilih langkah yang paling membuat lawan mendapatkan
keuntungan minimum, dan yang paling membuat komputer itu sendiri mendapatkan
keuntungan maksimum.
Minimax yang merupakan algoritma pohon pencarian akan melakukan
penelusuran pada setiap node hingga diperoleh nilai maksimum untuk memenangkan
pertandingan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar